Rabu, 14 Juni 2017

Toleransi Beragama di Lingkungan Kampus

          Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Selamat siang semuanya, (kalo harinya siang) dan selamat malam (kalo harinya malam) :v . Perkenalkan nama saya Dinda Dwi Octary. Biasanya saya sering dipanggil dinda dan saya berasal dari kota medan, tepat nya di kecamatan medan tembung :D  Kebetulan saya kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Medan. Yaitu Universitas Potensi Utama (UPU) atau kebanyakan orang sih bilangnya PU (Potensi Utama) :v what ever lah ya. Wkwk :v saya baru semester 2. Disini saya ambil kuliah malam. Kenapa ? karna ketika waktu pagi, bisa dimanfaatkan untuk bekerja. Yaaa itung-itung bantu orang tua buat bayar uang kuliah sendiri. Dan itu salah satu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya :D hehe. Insya Allah, tahun ini kalau saya lulus, saya naik tingkat ke semester 3 (Aamiin) doain aja yak :v. kebetulan, saya di PU ngambil jurusan Teknik Informatika (TI) karna, saya mau nyambung jurusan saya ketika masih duduk dibangku SMK. Yaitu Teknik Komputer Jaringan. :v
            Oke, itu aja. Udah cukup perkenalan dari saya, ntar malah jadi curhat ujung-ujung nya :v tapi sebenernya emang mau curhat juga sih :v haha. Dan langsung aja, kembali ke topik utama. Yak, kebetulan di Ramadhan yang penuh berkah ini, kampus saya yang tercintahh ini (aseekk) :v ngadain yang namanya “Ramadhan Blog Contest” yang diselenggarakan oleh PUCC . dan kebetulan pula, salah satu juri dan panitia penyelenggara adalah dosen saya. Yang mengharuskan saya dan teman-teman saya untuk mengikuti blog contest ini :D walaupun hanya sedikit peluang buat bisa menang :v kenapa ? karna yang ikutan itu gak cuman mahasiswa doang ya. Tapi sak dosen dosen nya pun juga ikutan :v wkwk. Belom lagi abang-abang master blogger, :’v ahsudalah .meskipun begitu, kita sebagai manusia, harus tetap optimis :D mana tau yakan bisa ngalahin mastah mastah blogger dari UPU. Haha (ngarep) yaaaa kalo pun misalnya ga menang sih juga gapapa. itung-itung belajar gimana caranya mengelola blog dengan baik dan benar serta mendapatkan penghasilan :v
         Yak, diblog contest kali ini, saya akan membawakan tema tentang Toleransi Beragama di lingkungan kampus. (Potensi Utama) Sebenarnya, Tema ini sudah langsung di sediakan oleh pihak panitia kampus, ga cuman ini aja sih, ada juga tema tentang mata kuliah, pengaruh digital didunia pendidikan, dan menciptakan  harmonisasi dilingkungan kampus. Kenapa saya membawakan tema tentang toleransi beragama di lingkungan kampus ? khususnya di potensi utama. Karna menurut saya, tema ini cukup menarik gitu buat dibahas :D buat diulik lebih dalam lagi. Dan ini juga menyangkut perbedaan pastinya :D. ada yang bilang sih, perbedaan itu menghancurkan, perbedaan itu tak sejalan, perbedaan itu soal keyakinan, dan lain-lain. Tapi ga sedikit juga orang mengatakan bahwa perbedaan itu indah. Meng-indahkan hal hal yang tak terjamah. Perbedaan suku misalnya, warna kulit, ras, bahasa, agama dan lain-lain. Tapi lihat Indonesia, lihat negeri ini, sejak dulu Indonesia sudah memiliki banyak perbedaan. Namun perbedaan itulah yang menyatu padukan kita. Mengokohkan kita, memberikan kita pelajaran baru, membuat kita bertahan hingga sekarang. Dan saya juga memiliki banyak perbedaan diantara teman teman saya. Khusunya teman kampus saya. Selain perbedaan suku, ras, budaya dan bahasa. Perbedaan yang paling menonjol ialah perbedaan agama. Dalam satu kelas, saya mempunyai beberapa teman yang non muslim . kurang lebih sekitar 5 atau 6 orang. Tapi kalo boleh berbagi pengalaman sih, saya dan teman saya yang non muslim, tak pernah mempermasalahkan tentang agama. Tak pernah rebut atau gaduh soal agama. Kenapa ? ya karna kami yakin, masing masing agama pasti tidak pernah mengajarkan hal-hal yang buruk. Itulah mengapa, bertoleransi antar beragama itu sangat penting. Agar tidak ada yang nama nya kerusuhan atau perpecahan. Saling menghargai, lihatlah apa yang terjadi ketika ada sesama manusia tidak saling menghargai ? tidak saling bertoleransi ? apakah manusia yang satu dengan yang satu nya lagi akan saling mengenal ? tentu tidak. Jika tak ada orang yang saling menghargai, saling toleransi antar sesama, saling hormat menghormati, antara yang muda dan yang tua. Apakah Indonesia ada hingga sekarang ? Allah menciptakan perbedaan agar kita saling mengenal antara satu dengan yang lain. Antara Muslim dan Non Muslim. Tidak ada yang salah dengan perbedaan. Toh, kita juga diciptakan semuanya sama. Hanya keimanan dan ketakwaan yang membuat kita berbeda dimata Allah. Intinya sih, kita sebagai umat beragama. Marilah saling toleransi satu sama lain, saling menghargai, agar tidak terjadi peperangan, permusuhan antar sesama. Mari samasama kita ciptakan rasa aman dan damai. ^_^ Damai itu indah
           Yak, sekian dari tulisan yang saya buat. Lebih dan kurang mohon dimaafkan :D saya Cuma manusia biasa, yang tak luput dari kesalahan semoga kalian yang membaca dapat terhibur :v Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
By : Dinda Dwi Octary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar